Pengrajin Kulit Murah Dengan Proses Penyamakan Berkualitas
Pengrajin Kulit Billion Tawarkan Desain Terbaik Pengrajin Jaket, Dompet, Tas, Berbagai Aksesoris, Ikat Pinggang, strap Jam Tangan, dan berbagai kerajinan berbahan Kulit.
Pengrajin Kulit Murah Jakarta Pengrajin Jaket Tas Murah Pengrajin Dompet Tas Kulit Murah Jenis Produk Kerajinan Kulit Murah
Pengrajin Kulit Murah Jakarta

Ketahui Cara Membersihkan Tas Kulit dan Merawatnya Agar Awet Saat Digunakan

Setiap pemilik tas kulit perlu mengetahui cara membersihkan tas kulit dengan benar jika ingin merawat tas yang dimilikinya. Mengapa demikian? Hal ini karena tas kulit membutuhkan perawatan tertentu agar tetap awet digunakan. Apabila Anda sampai salah dalam merawatnya, maka jangan harap tas yang sudah dibeli dengan harga tak murah tersebut akan bertahan dalam waktu yang lama.

Cara Merawat Tas Kulit Agar Tetap Awet

Sebelum mengetahui cara membersihkan tas kulit, ada baiknya Anda mengetahui bagaimana merawat tas kulit dengan tepat. Perawatan yang dilakukan melalui langkah-langkah yang benar akan membuat tas kulit asli atau sintetis yang Anda miliki tetap terjaga kualitasnya. Lalu, bagaimana cara merawat tas kulit agar kualitasnya tetap terjaga? Berikut beberapa diantaranya.

1. Hindarkan dari Sinar Matahari


Untuk menjaga tekstur dan warna tas kulit yang Anda miliki, sebaiknya hindari paparan sinar matahari secara langsung. Sinar matahari bisa membuat warna dan tekstur dari tas kulit menjadi cepat pudar dan rusak. Oleh karena itu, jangan sampai menyimpannya di penyimpanan yang bersinggungan dengan sinar matahari dan juga lembab.

2. Bersihkan dengan Benar


Cara terbaik merawat tas kulit adalah dengan selalu menjaga kebersihannya. Agar tidak salah selama pembersihan, Anda harus mengenali jenis tas yang Anda miliki. Dengan semakin seringnya Anda memakai tas, maka tentu akan banyak noda yang tertempel. 

Daripada detergen, Anda membutuhkan cairan pembersih khusus tas kulit untuk membersihkan noda yang menempel. Selain itu, Anda perlu menggunakan kapas atau kain microfiber untuk menjaga tekstur kulit.

3. Keringkan Secara Alami


Karena sinar matahari tidak baik untuk tas kulit, maka Anda perlu mengeringkan tas secara alami. Cukup gantungkan tas yang sudah Anda bersihkan di dalam ruangan. Jika sudah terasa kering karena diangin-anginkan, maka Anda bisa langsung menyimpannya di dalam tas anti debu atau tempat lain yang mengandung silika gel. Melalui cara pengeringan seperti ini, warna tas akan tetap terjaga dan terhindar dari pemudaran.

4. Hindari Menumpuk Tas


Penyimpanan terbaik untuk tas kulit adalah dengan menyimpannya di dalam lemari tas tanpa menumpuknya. Daripada menyimpannya dengan bertumpuk, Anda lebih baik menyimpannya dengan berdiri atau berjejer rapi di dalam lemari. Jangan sampai menyimpannya dengan bertumpuk-tumpuk karena hal tersebut justru akan merusak tekstur dari tas sehingga warnanya cepat pudar.

5. Pakailah, Jangan Hanya Simpan


Jika Anda ingin tas kulit yang Anda miliki tetap awet, maka Anda harus memakainya sesering mungkin. Tas kulit berbeda dengan tas lain. Semakin sering dipakai, maka tas akan semakin awet bukan malah rusak. Tas yang hanya disimpan tanpa dipakai justru akan membuat cat cepat mengelupas dan memudar.
 

Sering Disepelekan, Inilah Cara Membersihkan Tas Kulit dari Kotoran


Tas yang sering dipakai tentu akan membuatnya menjadi cepat kotor karena banyaknya kotoran yang menempel. Hal tersebut bukanlah hal yang bisa dihindari mengingat memang tas selalu dipakai kesana kemari. Lalu bagaimana cara membersihkan tas kulit dari kotoran? Berikut beberapa diantaranya.

1. Bersihkan Debu


Saat mulai membersihkan tas kulit dari kotoran, Anda harus menyingkirkan debu dari permukaan bagian luar tas yang ingin dibersihkan. Dalam pembersihan debu ini, jangan sampai menggunakan bahan yang keras. 

Anda lebih baik menggunakan sikat dengan tekstur yang lembut. Jika tak punya sikat yang lembut, Anda bisa memakai kain bersih yang kering. Sapukan kain perlahan ke seluruh permukaan tas agar debu terangkat.

2. Pakai Krim Pelindung Tas Kulit


Ketika tas sudah dibersihkan dari debu, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengoleskan krim pelindung kulit. Pilih krim kulit yang sesuai dengan tas agar permukaan kulit terlindungi dari goresan dangkal. 

Pemakaian krim pada tas akan membuat kulit tetap terjaga kelembapannya sehingga berbagai macam goresan bisa diminimalisir. Selain itu, krim pelindung ini juga dapat memastikan permukaan terhindari dari air, minyak dan zat lainnya.

3. Pilih Pembersih Khusus


Biasanya, pembersih khusus untuk tas kulit dijual bebas di pasaran. Anda bisa memilih salah satu pembersih khusus dan menuangkannya ke dalam kain. Ingat untuk selalu menggunakan kain yang lembut. 

Ketika cairan pembersih khusus sudah dituangkan ke dalam kain, maka Anda bisa membersihkan seluruh permukaan tas dengan gerakan memutar. Mulailah membersihkan pada bagian yang paling besar hingga yang terkecil.

4. Angkat Sisa Pembersih


Tas yang sudah dibersihkan akan terlihat lebih mengkilap dan bersih daripada sebelumnya. Namun Anda harus ingat bahwa mungkin saja produk pembersih yang sudah dipakai mungkin masih tertinggal. 

Oleh karena itu, Anda perlu membersihkan sisa-sia cairan pembersih tas tersebut dengan kain lembut. Ambil kain halus yang sedikit lembab untuk membersihkan sisa produk pembersih tas yang sudah Anda pakai. Lap seluruh permukaan agar tidak ada lagi cairan pembersih yang tersisa. 
Setelah tidak ada sisa pembersih, maka Anda bisa membiarkan tas mengering dengan sendirinya tanpa perlu dijemur di bawah sinar matahari. 



Cara Membersihkan Tas Kulit dari Noda dan Jamur


Tas yang dipakai sehari-hari tentu tidak bisa dilepaskan dari percikan noda ataupun jamur. Anda kemungkinan besar akan mengalami tas terkena noda cairan seperti minyak, saus, tinta, lipstik dan sebagainya. Noda seperti ini adalah hal yang wajar terjadi karena tingkat mobilitas yang begitu padat.

Cara membersihkan tas kulit dari noda adalah dengan menyeka area yang terkena noda sesegera mungkin menggunakan lap yang lembut seperti tisu atau kain. Anda bisa menyeka area yang terkena noda dengan air hangat melalui kain atau tisu yang dipakai. Seka dengan gerakan dari luar noda menuju ke dalam. Segera lap dengan kain atau tisu kering untuk mengangkat sisa-sisa noda di area yang terkena.

Lalu bagaimana dengan tas kulit yang terkena jamur? Jangan khawatir, Anda bisa membersihkannya dengan bahan rumah tangga biasa. Anda bisa menyiapkan kain lembut yang bisa menyerap seperti katun. 

Gosoklah daerah tas yang terkena jamur dengan kain bersih yang sudah disiapkan. Setelah itu, Anda bisa menambahkan produk rumah tangga seperti cuka, lemon, make up remover atau desinfektan pada kain yang dipakai.

Tak perlu terlalu basah, jika kain sudah lembab, gunakan untuk mengusap ke daerah yang berjamur dengan lembut. Apabila sudah bersih, Anda bisa mengeringkannya di tempat terbuka. Melalui cara ini bau jamur akan hilang dengan sendirinya. Jika belum hilang, Anda bisa menyemprotkan deodoran dan membiarkan tas di bawah sinar matahari untuk menghilangkan bau.

Cara membersihkan tas kulit dari kotoran, noda atau jamur memang mudah dilakukan. Namun ada baiknya Anda tetap menjaga kebersihan tas kulit yang dimiliki agar bisa menghindari kemungkinan buruk yang mungkin terjadi. 

Anda bisa membaca petunjuk khusus yang ada dalam label tas untuk merawat tas setiap harinya. Pastikan Anda mengetahui cara membersihkan tas kulit dengan benar agar kualitas tas tetap terjaga. 
Tag : artikel
0 Komentar untuk "Ketahui Cara Membersihkan Tas Kulit dan Merawatnya Agar Awet Saat Digunakan"

Ketuk Untuk Menghubungi Kami
Back To Top