Pengrajin Kulit Murah Dengan Proses Penyamakan Berkualitas
Pengrajin Kulit Billion Tawarkan Desain Terbaik Pengrajin Jaket, Dompet, Tas, Berbagai Aksesoris, Ikat Pinggang, strap Jam Tangan, dan berbagai kerajinan berbahan Kulit.
Pengrajin Kulit Murah Jakarta Pengrajin Jaket Tas Murah Pengrajin Dompet Tas Kulit Murah Jenis Produk Kerajinan Kulit Murah
Pengrajin Kulit Murah Jakarta

Apa Saja Jenis-Jenis Bahan Kulit Sapi Terbaik? Yuk Simak Jawabannya


Dengan mengetahui jenis-jenis bahan kulit sapi terbaik, Anda bisa menentukan jenis mana yang paling tepat untuk digunakan sesuai kebutuhan. Bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan sendiri, tetapi Anda pun bisa menggunakannya untuk berbagai keperluan.


Sebagai contoh, dalam berbagai acara tertentu. Misalnya, acara pernikahan kakak. Anda bisa memilih jenis-jenis bahan kulit sapi terbaik untuk nanti diproduksi menjadi sebuah gantungan kunci yang bisa digunakan sebagai souvenir.


Bisa pula manakala ingin dimodifikasi ke dalam bentuk yang lain. Yang menarik, berbagai produk yang dihasilkan dari jenis-jenis bahan kulit sapi terbaik tentu juga memiliki kualitas terbaik.


Sebab, dari bahan penyusunnya pun sudah terbaik, pastinya outputnya selaras dengan hal tersebut. Lalu, apa saja jenis bahan dari kulit sapi yang dimaksudkan? Jawaban atas pertanyaan tersebut terdapat dalam bagian selanjutnya.


Jenis-Jenis Bahan Kulit Sapi Terbaik


Pada tabel di bawah ini akan dipaparkan mengenai jenis-jenis bahan kulit sapi terbaik, lengkap dengan jenis, ciri, dan pemanfaatannya. Melalui uraian berikut ini, diharapkan bisa menjadi referensi yang tepat untuk Anda saat ingin menentukan bahan kulit sapi yang paling pas. Sehingga, produk olahannya menjadi berkualitas terbaik pula. Langsung saja, yuk simak selengkapnya mengenai berbagai jenis bahan kulit sapi.


No

Jenis

Ciri

Pemanfaatannya

1

Kulit Nabati (Veg Leather)

-          Disamak menggunakan bahan alami tanpa bahan kimia.

-          Lebih ramah lingkungan.

-          Karakter dari kulit nabati cenderung kaku.

-          Warnanya lebih ke merah muda, tetapi ada pula yang berwarna putih, tergantung pada penyamakannya.

-          Masih bisa diwarnai sesuai keinginan, karena tidak memakai minyak pewarna yang bisa menutup permukaan kulit.

-          Dapat digunakan untuk memproduksi berbagai produk kulit, seperti dompet dan tas tanpa perlu melalui mesin. Harganya yang bersahabat membuat Anda bisa memanfaatkannya secara efisien sebagai bahan produksi.

2

Kulit Pull-Up (Pull-Up Leather)

-          Paling banyak beredar di pasaran.

-          Sifatnya sangat lentur, sehingga lebih mudah dalam pengolahannya menjadi berbagai produk kerajinan dari kulit.

-          Proses penyamakannya menggunakan bahan kimia, tetapi tidak menghilangkan tekstur khas kulit sapi yang melingkupinya.

-          Kulit pull-up merupakan hasil dari proses lanjutan bahan finish leather (pembahasan tentang finish leather terdapat dalam bagian selanjutnya) yang cenderung lebih tipis bentuknya.

-          Semakin menua, semakin muncul kesan klasik atau vintage ketika Anda menggunakan bahan kulit sapi jenis ini.

-          Sebagai bahan penyusun produk kulit berupa sepatu. Coraknya yang warna-warni menjadikan kulit ini bisa dibentuk dengan menghadirkan berbagai warna menarik.

3

Kulit Full Grain (Finish Leather)

-          Prosesnya utuh. Dalam artian, tidak mengubah struktur permukaan dari kulit aslinya.

-          Pori-pori dari bahan kulit sapi jenis ini masih terlihat alami atau natural.

-          Tekstur dari kulit masih dapat dilihat secara jelas.

-          Terdapat beberapa proses penting dalam penyamakannya.

-          Terdiri dari dua jenis, yakni full grain dan corrected grain.

-          Untuk yang jenis full grain, merupakan kulit finishing yang sama sekali tidak mengalami modifikasi bagian permukaannya.

-          Sementara untuk corrected leather bagian permukaannya sudah mengalami modifikasi, yakni melalui pengecatan maupun pengamplasan. Maka dari itu, permukaannya sudah tidak terlalu original.

-          Cocok sekali untuk dipakai sebagai bahan penyusun tas kulit yang menarik. Melalui bahan kulit sapi full grain, orisinalitas dari kulit sapi masih sangat terasa. Pasalnya, tekstur permukaannya pun masih sama seperti kulit asli.

4

Kulit Suede

-          Memiliki tekstur yang tergolong lembut, tetapi permukaannya berserabut.

-          Kulit yang diolah adalah kulit yang bagian dalam, kemudian disamak serta diamplas dan disikat hingga diperoleh permukaan yang berbulu.

-          Karakter yang menonjol adalah tipis dan lembut.

-          Harganya relatif lebih mahal apabila dibandingkan dengan berbagai jenis bahan kulit sapi lainnya.

-          Memerlukan perawatan khusus sesuai dengan karakter yang melingkupi bahan kulit sapi jenis ini.

-          Sangat pas untuk digunakan sebagai bahan penyusun dari berbagai produk kulit sapi, seperti sepatu, sandal, dan tas.

-          Sepatu yang menggunakan bahan kulit sapi suede umumnya lebih digemari oleh anak muda. Sebab, tidak memunculkan kesan terlalu formal, tetapi lebih cenderung ke penampilan yang santai. Akan tetapi, dalam penggunaan produk dari bahan ini perlu hati-hati, karena tergolong mudah kotor.

5

Kulit Krom (Brush-Off Leather)

-          Apabila dikomparasikan dengan jenis kulit lainnya, kulit ini dibanderol dengan harga yang paling tinggi.

-          Proses pembuatannya termasuk rumit. Mulai dari penyamakan kulit hingga pemberian minyak.

-          Permukaannya mengkilap serta halus.

-          Proses pembersihannya mudah, karena telah dilapisi dengan bahan yang bisa melindungi bagian permukaannya semacam akrilik.

-          Warnanya cenderung lebih terang daripada jenis bahan kulit sapi yang lain.

-          Serat-serat kulit sapi pada permukaannya tidak terlihat lagi, karena sangat halus.

-          Dapat digunakan sebagai bahan penyusun dari berbagai sepatu formal. Misalnya, sepatu pantofel dan sepatu oxford.

-          Permukaannya yang mengkilap menjadikan hasil produk dari bahan ini tahan terhadap kotor sekaligus mudah untuk dibersihkan.

6

Kulit Nubuck

-          Tergolong sebagai bahan dari kulit sapi terbaik kategori premium.

-          Penamaannya diambil dari kata nuck serta buck.

-          Sekilas hampir mirip dengan kulit suede, karena proses pengolahannya yang tidak jauh berbeda.

-          Menggunakan kulit sapi bagian luar, kemudian diamplas dan disikat, hingga kulit bagian atasnya hilang, lalu muncul tekstur yang halus, juga rata.

-          Terdapat perbedaan warna gelap serta terang.

-          Mengingat permukaannya yang halus, cocok untuk dipakai sebagai bahan penyusun sepatu boots.

-          Yang perlu diingat, karena permukaannya yang relatif halus, sebaiknya Anda merawatnya secara tepat agar tidak mudah rusak.

 


Tips Memilih Penjual Jenis-Jenis Bahan Kulit Sapi Terbaik Terpercaya



Saat Anda ingin mengolah berbagai produk dari bahan kulit yang jenisnya telah disebutkan sebelumnya, sebaiknya jangan asal pilih supplier bahan. Sebab, kualitas dari bahan akan menentukan bagaimana kualitas dari hasil produknya nanti.


Maka dari itu, terdapat hal yang harus diperhatikan ketika Anda ingin memilih supplier atau penjual jenis-jenis bahan kulit sapi terbaik. Apa aspek yang dimaksudkan?


Yakni, mengenai kredibilitas penjual. Penjual, seller, maupun supplier yang terpercaya akan memberikan informasi secara rinci mengenai bahan kulit sapi yang dijualnya. Dengan begitu, sebagai pembeli Anda bisa mengetahui seluk beluk dari bahan yang dijual.


Kredibilitas ini tercermin pula dari reputasi yang melingkupi supplier yang bersangkutan. Anda bisa melihatnya dari pengalaman para pembeli yang pernah membeli bahan dari si penjual.


Apabila tidak ada satupun pembeli yang kecewa, serta banyak yang puas, kenapa masih ragu? Semakin banyak yang mengatakan bahwa jenis-jenis bahan kulit sapi terbaik yang dijual seller tersebut oke, maka semakin objektif pula pendapat itu.


Jadi, itulah penjelasan mengenai jenis-jenis bahan kulit sapi terbaik. Dengan informasi yang telah disampaikan tersebut, diharapkan Anda bisa menentukan jenis bahan kulit sapi yang tepat untuk produksi. Selain itu, juga agar Anda bisa menentukan supplier yang paling pas dan terpercaya.


Tag : artikel
0 Komentar untuk "Apa Saja Jenis-Jenis Bahan Kulit Sapi Terbaik? Yuk Simak Jawabannya"

Ketuk Untuk Menghubungi Kami
Back To Top